Dua Pilihan

Karena tuntutan pekerjaan, gw harus berurusan dengan seorang cewek yang bagi gw rasanya nggak nyambung banget kalau diajak ngomong. Gw tanya apa, dia jawabnya apa. Kok kayaknya susah banget sih ngobrol sama dia?

Suatu hari, saat gw mau balik dari kantor, tiba-tiba hujan deressss banget. Dan gw lagi bersama sama cewek tadi. Daripada bosen, mulailah gw bertanya tentang backgroundnya. Dulu dia sekolah dimana, dia berapa bersaudara, dan sebagainya. Eh ternyata, dia enak lho diajak ngomong. Dan ternyata, dia pengertian kok dan bener-bener suportif sama apa yang gw kerjakan.

Dari kejadian itu, ada dua hal yang muncul, seperti sinar mencercah di kepala gw.

Yang pertama: do not judge the book by its cover. Dari kejadian tadi, quote itu rasanya bener banget. Se-bener, bener-nya.

Yang kedua: what you do (or do not do) matters. Dalam kondisi gw yang tadi, sebenernya gw punya dua pilihan: apakah gw mau mendiamkan cewek tadi dan terus berpikiran buruk tentang dia, atau gw mau coba ngajak ngomong dia dengan tulus. Pertanyaan basa-basi gw ternyata berubah menjadi sharing yang menarik di antara gw dan dia.

Di video Frozen Grand Central, pertama-tama hanya ada satu orang yang diam seakan membeku. Namun karena banyak orang melakukan hal yang sama, semua orang mulai terpana dan memperhatikan apa yang mereka lakukan.

Kalau lu terdorong untuk melakukan satu hal kecil yang baik, mulailah melakukannya. Hal baik sekecil apapun yang lu lakukan, mungkin lu belom merasakan artinya. Tetapi ketika lu melakukannya dengan tulus, lu bisa menginspirasi orang lain, dan akhirnya membuat dunia ini menjadi lebih baik!

Kalo lu mulai merasa lelah dengan apa baik yang lu perjuangkan, cobalah lihat di sekeliling lu, apakah ada orang-orang yang sepemikiran dengan lu? Bergabunglah dengan komunitas yang ada di sekitar lu, yang punya tujuan yang sama dengan lu. Mobil kalau didorong sendirian pasti berat rasanya. Tapi kalau didorong rame-rame, mobil kok yang nurut sama kita.

“Christ has no body now on earth but yours.” (St. Teresa of Avila)