Kasih Tuhan Yang Selalu Menyertai

Bersyukur berarti mengucapkan terima kasih dan mengakui segala sesuatu yang telah kita terima. Hal ini berarti menyadari secara terus menerus berapa banyaknya kita telah diberi. Namun kita manusia sering kali cenderung untuk tidak memperhatikan hal-hal baik yang sudah ada dalam hidup kita. Kita lebih fokus kepada hal-hal yang membuat kita merasa tidak nyaman.

Kita sering melupakan betapa kasihnya Tuhan terhadap kita. Sering sekali kita mengeluh dan terus mengeluh, ketika PR numpuk, ketika mama nggak berhenti ngomel, ketika terlambat masuk sekolah karena macetnya jalanan, ketika berkeringat karena pendingin ruangan rusak, bahkan ketika segala sesuatunya sudah kita kerjakan semaksimal mungkin namun tetap tidak berhasil. Segala macam "complaint"  kita ucapkan, sebagai protes kita akan keadaan tak nyaman yang kita alami.

Teman-teman, terkadang kita hanya ingat untuk bersyukur di kala sesuatu yang baik terjadi dalam hidup kita, tetapi melupakan bahwa rahmat dan berkat Tuhan bukan hanya terjadi pada saat senang saja. Kita berdoa untuk memohon berkat-berkat, rasa damai, kenyamanan hidup, perlindungan saat kita tidur, dijauhkan dari penyakit dan masih banyak lagi. Pernahkah kita berpikir bagaimana jika ternyata berkat dan penyembuhan hadir melalui peristiwa yang membuat kita meneteskan air mata?

Ketika sesuatu yang buruk terjadi pada hidup kita, seringkali kita berteriak marah-marah kepada Tuhan, kita meragukan cinta kasih dan kebaikan-Nya. Kita merasa Tuhan tidak adil dan tidak sayang kepada kita, rasanya rahmat Tuhan sudah meninggalkan hidup kita. Bagaimana jika ternyata Tuhan mau menggunakan segala pencobaan yang kita alami dalam hidup supaya kita dapat melihat dengan jelas kasih setia-Nya?  Bahwa ada banyak hal yang Tuhan mau kita pelajari dari segala kerja keras dan lelehan air mata kita yaitu bahwa Dia dekat, Dia selalu menyertai kita dan Dia tak pernah meninggalkan kita.

Teman-teman, marilah kita mulai menyadari bahwa ada banyak sekali berkat Tuhan dalam hidup kita, ada banyak hal yang perlu kita syukuri. Udara gratis untuk kita bernafas, keluarga yang mencintai kita, teman-teman yang mendukung kita, pekerjaan yang dipercayakan kepada kita dan masih banyak lagi. Bahkan jika kejadian yang tidak menyenangkan terjadi, marilah kita bersyukur! Di saat senang dan sedih, marilah kita bersyukur! Dalam segala keadaan marilah kita bersyukur!  

1 Tawarikh 16:34 mengatakan, “Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya”.

The best way to show my gratitude to God is to accept everything,
even my problems, with joy  
–Mother Theresa-