Let’s Read The Bible

Bagaimana perasaan teman-teman waktu baca judulnya?  Apa yang melintas di pikiran teman-teman? Apa ada yang langsung berpikir, “Alkitab tebel buaaangeeett... tulisannya kecil-kecil... berat... nggak ngerti... males....?” Atau dulu sudah ada yang bertekad, “Ah! Saya mau menyelesaikan baca Alkitab semuanya...!!” Tapi akhirnya stop di tengah jalan? Nah nah nah... Saya juga merasakan hal yang sama... Dulu, baca Alkitab itu adalah “obat tidur” buat saya. Yang saya baca hanya kitab-kitab yang ada ceritanya. Itupun semata-mata hanya untuk bikin saya bisa tidur.

Di zaman yang modern ini, membaca Kitab Suci mungkin dianggap asing bagi sebagian besar remaja bahkan orang dewasa. Tak dipungkiri kehadiran berbagai macam alat elektronik seperti handphone, komputer, internet terutama yang membuat banyak orang ketagihan, dan menjadikan Kitab Suci terlupakan. Padahal Kitab Suci adalah salah satu sarana kita untuk semakin mengenali Tuhan dan pastinya semakin mengerti kalau Tuhan tuh sayang banget sama kita... Banyak sekali janji Tuhan yang tertulis di dalam Kitab Suci.

Buat apa sih kita perlu kenal Tuhan dengan baca Kitab Suci? Yang penting kan sudah berdoa setiap hari. Pikiran seperti ini sering sekali saya alami dulu ketika saya masih belum mengetahahui pentingnya membaca kitab suci.

Ada tertulis di Yeremia 9: 23-24, Beginilah firman TUHAN, "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN."

Jadi Tuhan menyukai orang-orang yang mengenal-Nya dan Dia akan menunjukkan kasih-Nya karena kita mengenal Tuhan lebih dekat. Nah... bagaimana caranya kita mengenal Tuhan lebih dekat?  Jawabannya adalah dengan membaca firman-Nya dan tentu saja menghidupi apa yang di firmankan-Nya. Selain itu ada banyak hal yang Tuhan janjikan kepada kita. Beberapa contoh:

Yohanes 15: 7 “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

Ibrani 13: 5 “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau”

Matius 11: 28 “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

Masih banyak janji-janji Tuhan yang lain yang tertulis dalam Kitab Suci, saya hanya memberikan sebagian kecil sebagai contoh. Tuhan tidak pernah mengingkari janji-Nya, maka sebagai anak Tuhan mari kita belajar untuk mulai mengenal Tuhan secara lebih dan lebih dalam lagi. Sooo... teman-teman terkasih, yuk kita mulai membaca Kitab Suci dengan rutin setiap hari. Agar hari lepas hari kita semakin mengenal dan mencintai Tuhan serta makin menyadari betapa Tuhan begitu mencintai kita. (sis)

"Ignorance of Scripture is ignorance of Christ."  -St. Jerome